Thursday, January 7, 2010

Syarat Pembuatan Paspor dewasa dan anak2 bawah umur di Kota Bandung


Pertama kali datang (7 Januari 2010), aku berusaha datang sepagi mungkin membawa berkas yang sudah kupersiapkan melihat site kantor imigrasi yg ku search via google. Kontor imigrasi sendiri di Bandung berada di jalan P.H.H. Mustafa (Suci).

Sampai disana jam 1/2 9, parkir sudah penuh (wah kurang pagi tampaknya) dan antrian di kursi sudah penuh. Pertama2 harus isi formulir... emang formulirnya gratis, tapi sebelum dikasih formulir, harus beli map dan sampul paspor dulu di kantin Rp.10.000,- baru balik lagi ke loket untuk dapetin formulir. Oh ya, untuk yg mau bikin paspor anak di bawah umur, jgn lupa beli juga materai Rp.6.000,- untuk mengisi surat pernyataan, yg didapat bersamaan dengan formulir (ntar dikasih kalo kita bilang mau buat paspor anak).

Selanjutnya... isi deh formulir dan surat pernyataannya dengan pulpen tinta hitam dan tulisan cetak kapital. buat yg mo bikin paspor anak harus, harus juga membuat surat pernyataan yg ditandatangani oleh kedua orangtuanya. Selesai diisi, lengkapi syaratnya, dan masukkan ke dalam map yang tadi sudah dibeli.

adapun syaratnya: Untuk paspor dewasa:
1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi Kartu Keluarga
3. Fotokopi Akte Kelahiran
4. Fotokopi ijasah terakhir
5. Fotokopi Surat Nikah (bagi yg sudah nikah)

Untuk paspor anak dibawah umur:
1. Fotokopi KTP ayah dan ibu
2. Fotokopi Kartu Keluarga
3. Akte kelahiran anak
4. Fotokopi surat nikah ayah/ibu

Sesudah dilengkapi dan dimasukkan ke dalam map bersama formulir yg sudah diisi (dan surat pernyataan bagi anak dibawah umur), ambil nomer antrian untuk menyerahkan map ke loket penyerahan formulir. Tunggu deh... 10 menit-an (tergantung rame nggaknya). nomer dipanggil, serahkan map, duduk manis lagi nunggu dipanggil sementara berkas diperiksa, kalo dah lengkap nanti dipanggil lagi nama kita, dan diberi kertas untuk datang lagi pada hari yg ditetapkan untuk pembayaran, foto, dan wawancara (biasanya 3-4 hari kemudian). Selesai deh urusan hari pertama... to be continued....

1 comment:

nungky said...

Terimakasih atas infonya.
Salam kenal.. ^^